Merawat Rambut Panjang Anda secara Tepat

Rambut yang panjang tentu menjadi sesuatu yang menarik. Lebih lagi apabila anda adalah seorang perempuan. Akan lebih menarik lagi apabila rambut panjang tersebut sehat, lebat dan berwarna hitam mengkilau. Rambut seperti inilah yang sering diinginkan oleh banyak perempuan. Tapi, memiliki rambut panjang bukan sekedar membiarkan rambut tersebut panjang dnegan sendirinya.
Selain menumbuhkan rambut, anda tetap perlu menjaga kesehatan rambut tersebut karena sering kali rambut yang panjang juga memberikan masalah tersendiri bagi anda. Masalah yang sering muncul dari rambut panjang adalah keadaan rambut yang kering dan bercabang. Hal ini bisa terjadi karena rambut yang panjang akan membutuhkan nutrisi yang lebih banyak. Selain itu, rambut panjang juga akan menuntut perawatan yang lebih pula. Meski demikian, sembarang perawatan juga justru bisa merusak rambut anda. Untuk itu, anda perlu mengetahui cara merawat rambut panjang yang tepat.
  1. Perawatan yang pertama adalah dengan menggunakan sampo, conditioner serta beberapa nutrisi tambahan untuk rambut. Sampo dan nutrisi tambahan lainnya akan mencukupi nutrisi yang dibutuhkan untuk rambut anda. Selain itu, conditioner akan membuat rambut anda tetap lembab. Usahakan untuk memilih sampo yang tepat dan tidak berganti-ganti sampo terlalu sering karena sering kali hal tersebut justru akan menimbulkan masalah, apalagi bila rambut anda tidak cocok dengan kandungan zat kimia di sampo tertentu. Selain itu, usahakan untuk keramas hanya ketika rambut anda kotor karena keramas yang terlalu sering justru membuat rambut anda kering.
  2. Untuk merawat rambut panjang anda, usahakan untuk sering mengikat rambut anda apabila anda sedang berada di luar ruangan. Memang, barangkali anda ingin orang melihat kecantikan anda dengan rambut panjang yang terurai. Tapi, ternyata rambut yang dibiarkan terurai ketika di luar ruangan akan membuatnya mudah kering, kaku dan berantakan. Oleh karena itu, anda perlu mengikat rambut anda. Dengan mengikat rambut anda, rambut akan lebih tertata, terlindungi dan tidak mudah kering dan patah.
  3. Walau mengikat rambut merupakan hal yang baik, tapi jangan mengikat rambut anda ketika anda tidur karena rambut anda akan mudah tertarik dan patah atau rontok. Untuk menghindari hal tersebut, rambut itu lebih baik dikepang saat anda akan tidur.
  4. Setelah itu, usahakan untuk mengeringkan rambut anda secara alami. Untuk mengeringkan, anda bisa menggunakan anduk hangat dan sisir. Sangat tidak disarankan untuk menggunakan hair dryer atau catok rambut. Walau panas dari alat tersebut bisa membantu meluruskan rambut, tapi itu justru akan memperparah kerusakan rambut anda.
Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan herbal untuk merawat rambut anda. bahan-bahan herbal ini bukan berarti bahan khusus yang harus anda dapatkan di apotek. Anda bisa saja menggunakan air rendaman teh hijau untuk membila rambut anda. Selain itu,  anda juga bisa merawat rambut panjang anda dengan menggunakan lidah buaya.